Kerjasama housekeeping
dengan HRD adalah hubungan ketenagakerjaan seperti perencanaan, pengadaan dan
pelatihan. Proses ini mulai dari menyaring, merekrut, orientasi, pelatihan,
promosi hingga pension.
Perencanaan berarti bekerja sama dalam menyusun jumlah tenaga kerja yang akan diangkat sesuai dengan kebutuhan di housekeeping. Pengadaan merupakan usaha untuk merekrut tanaga keja sesuai dengan Jumlah seharusnya sedangkan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan agar dapat melakukan tugasnya dengan baik.
Jumlah karyawan harus ideal sesuai dengan kebutuhan departemen. Karyawan yang kurang memperlambat pelayanan dan menurunkan kualitas kebersihan sedangkan karyawan yang terlalu banyak akan meningkatkan biaya operasional.
Perencanaan berarti bekerja sama dalam menyusun jumlah tenaga kerja yang akan diangkat sesuai dengan kebutuhan di housekeeping. Pengadaan merupakan usaha untuk merekrut tanaga keja sesuai dengan Jumlah seharusnya sedangkan pelatihan bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan karyawan agar dapat melakukan tugasnya dengan baik.
Jumlah karyawan harus ideal sesuai dengan kebutuhan departemen. Karyawan yang kurang memperlambat pelayanan dan menurunkan kualitas kebersihan sedangkan karyawan yang terlalu banyak akan meningkatkan biaya operasional.
HRD
- Menyeleksi dan merekrut
karyawan yang dibutuhkan housekeeping.
- Menyediakan pelatihan untuk
meningkatkan pengetahuan dan keerampilan karyawan.
- Bertanggung jawab dalam
pendataan semua karyawan.
- Bertanggung jawab dalam
memberikan hak-hak karyawan seperti gaji, Hari libur dan cuti.
- Bertanggung jawab dalam
memberikan teguran, peringatan dan PHK bagi karyawan.
Housekeeping
- Membuat struktur organisasi dan
kebutuhan karyawan ideal tiap-tiap section di housekeeping.
- Menyediakan job analisis dan
spesifikasi kerja untuk setiap karyawan.
- Memberikan pelatihan untuk
meningkatkan pengetahuan dan keteramplan karyawan.
- Memberikan kesempatan bagi karyawan uttuk berkembang dan menjadi lebih baik.
Hubungan Housekeeping Dengan Purchasing
Kerjasama
housekeeping dengan purchasing bertujuan untuk menjaga agar persedian
barang-barang yang digunakan untuk operasional housekeeping tersedia setiap
saat. Persediaan barang ini mencakup kebutuhan untuk kamar tamu dan public
area.
Purchasing
Purchasing
- Menerima PR (purchase
requestion) dari housekeeping kemudian mencari supplier yang cocok
untuk pembelian barang-barang tersebut.
- Menindaklanjuti proses
administrasi setiap PR yang dibuat secepatnya.
- Memberitahukan kepada Housekeeping
Department, bila pesanan barang-barang sudah datang termasuk daftar nama
barang, maupun jumlah tiap barang.
- Memberitahukan kepada Housekeeping Department bila ada barang-barang yang belum terbeli karena stock habis.
Housekeeping
- Membuat PR (purchase
requesition) kepada Purchasing Department untuk membeli barang-barang
keperluan Housekeeping.
- Menerima dan meneliti spesifikasi dan kualitas barang-barang yang sudah dibeli.
Hubungan Housekeeping Dengan Food
& Beverage
Kerjasama housekeeping
dengan food & beverage bertujuan untuk membersihkan dan merawat
setiap outlet seperti minibar dalam kamar, restaurant, bar, function room,
kolam renang dan sebagainya. Adalah tanggung jawab housekeping membersihkan
semua outlet itu selalu dalam keadaan bersih.
FB menggunakan linens (napkin dan table cloth) dalam opersional hariannya. Penggunaan linen ini untuk dipakai di restaurant dan meeting room. Maka, persediaan linen-linen yang bersih harus selalu tersedia. Parstok tiap-tiap linen harus cukup agar sirkulasi linen untuk FB menjadi lancar
Food and Beverage
FB menggunakan linens (napkin dan table cloth) dalam opersional hariannya. Penggunaan linen ini untuk dipakai di restaurant dan meeting room. Maka, persediaan linen-linen yang bersih harus selalu tersedia. Parstok tiap-tiap linen harus cukup agar sirkulasi linen untuk FB menjadi lancar
Food and Beverage
- Memberitahukan linen yang sudah
tidak dapat dipakai sehingga dapat diganti dengan yang baru.
- Menentukan motif linen yang
diperlukan sesuai dengan outlets.
- Menyediakan function order
dari setiap kegiatan yang dilakukan pada meeting room.
- Memberitahukan housekeeping
terhadap kebutuhan linen yang diperlukan.
Housekeeping
- Menyediakan kebutuhan linen
sesuai dengan permintaan dari tiap-tiap FB outlets.
- Menyediakan rangkaian bunga
baik untuk keperluan outlets maupun meeting room.
- Memberitahukan room service
untuk mem-pick up peralatan dari room service yang ada di kamar.
- Membuat program pembersihan
setiap outlet secara periodik
- Menentukan parstock setiap
linen sesuai dengan kebutuhan setiap outlet.
- Menyediakan kebutuhan uniform
bagi setiap kegiatan FB.
Hubungan Housekeeping Dengan Sales
Kerjasama
housekeeping dengan sales & marketing berorientasi pada usaha untuk
memenuhi permintaan khusus dari tamu akan mau datang ataupun tamu yang sudah stay.
Secara umum, permintaan tersebut banyak berhubungan dengan keperluan kamar,
misalnya setrika, extra
bed, microwave, compliment laundry dan lain
sebagainya.
Sales
& Marketing
- Memberitahukan apabila akan ada
group yang mengadaan konferensi, seminar, dan lain-lain.
- Memberitahukan bila ada group
yang akan datang dan persiapan apa saja yang harus dilakukan oleh
housekeeping terhadap group tersebut.
- Mengajak calon pelanggan untuk
melihat fasilitas kamar melalui show room yang disediakan.
- Memberitahukan setiap kegiatan
perusahaan dan promosi yang dilakukan oleh perusahaan.
- Memberitahukan
perusahaan-perusahaan yang menjadi top account hotel saat ini agar
karyawan daat melayani mereka lebih baik.
Housekeeping
- Membantu sales dalam
menyediakan permintaan tamu.
- Mempersiapkan kamar “show
room” selalu dalam keadaan bersih dan sia dikunjungi setiap waktu.
- Menginformasikan setiap
perubahan yang ada di kamar agar sales dapat memberikan informasi yang
benar kepada tamu.
- Meng-update total
inventory di housekeeping secara periodik, misalnya : total extra bed,
kamar show room, dll.
Hubungan
Housekeeping Dengan Engineering
Selain kerjasama yang erat dengan
front office, housekeeping dan engineering juga mempunyai
kerjasama yang saling menunjang satu sama lain terutama dalam hal perbaikan dan
pemeliharaan inventaris aset hotel baik di kamar maupun area publik.
Engineering bertanggung jawab terhadap perawatan dan perbaikan segala kerusakan peralatan, interior dan eksterior hotel di kamar dan publik area agar kerusakan tersebut diperbaiki secepatnya.
Hosekeeping membantu melaporkan semua kerusakan yang ditemukan untuk diperbaiki secepatnya secara tertulis “form work order”.
Engineering bertanggung jawab terhadap perawatan dan perbaikan segala kerusakan peralatan, interior dan eksterior hotel di kamar dan publik area agar kerusakan tersebut diperbaiki secepatnya.
Hosekeeping membantu melaporkan semua kerusakan yang ditemukan untuk diperbaiki secepatnya secara tertulis “form work order”.
Engineering
- Melaksanakan perbaikan mesin
dan peralatan yang digunakan housekeeping.
- Melaksanakan pekerjaan dari
housekeeping berdasarkan Work Order.
- Melatih karyawan housekeeping
untuk menggunakan dan merawat peralatan dengan baik dan benar.
- Memerbaiki, merenovasi,
mendekor ulang kamar dan perlengkapannya.
- Meminjamkan perlengkapan yang
diperlukan pada kamar tamu dan meeting room.
- Memberitahukan perubahan nomor
telepon yang telah diprogram.
- Meminta ijin bila akan diadakan
uji alarm, test genset, lift dan lain-lain.
- Memberitahukan apabila diadakan
pemadaman listrik karena perbaikan mesin.
Housekeeping
- Membuat work order untuk
perbaikan dan dan perawatan peralatan, renovasi kamar dan penataan ulang
dekorasi kamar.
- Meminta bantuan dalam
mengoperasikan mesin-mesin ang akan digunakan.
- Bekerjasama dalam program Preventive Maintenance untuk memperbaharui penampilan dari kamar menjadi lebih baik.
Hubungan Housekeeping Dengan Security
Kerjasama housekeeping
dengan security bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi tamu yang sedang
menginap maupun tamu yang akan datang ke hotel. Rasa aman dan nyaman merupakan
usaha mencegah terhadap segala sesuatu yang dapat merugikan tamu dan hotel
misalnya pencurian, perampokan, pengerusakan, kebakaran, dan lain-lain.
Sejak isu terorisme mengguncang dunia dengan hancurnya gedung WTC di New York pada 11 September 2001, kemudian ledakan bom di hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton Jakarta menyebabkan isu security ini menjadi sangat penting dan menggeser paradigma tamu terhadap keamanan.
Sejak peristiwa itu, manajemen hotel berlomba-lomba mengadopsi dan menggunakan system teknologi securiy misalnya Metal Detector untuk mendeteksi bahan-bahan peledak, CCTV untuk memonitor melalui kamera, Anjing Pelacak dan lain-lain.
Sama seperti kebersihan adalah tanggung jawab semua karyawan, maka keamananpun bukan hanya tanggung jawab departemen security saja tetapi tugas semua karyawan.
Sejak isu terorisme mengguncang dunia dengan hancurnya gedung WTC di New York pada 11 September 2001, kemudian ledakan bom di hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton Jakarta menyebabkan isu security ini menjadi sangat penting dan menggeser paradigma tamu terhadap keamanan.
Sejak peristiwa itu, manajemen hotel berlomba-lomba mengadopsi dan menggunakan system teknologi securiy misalnya Metal Detector untuk mendeteksi bahan-bahan peledak, CCTV untuk memonitor melalui kamera, Anjing Pelacak dan lain-lain.
Sama seperti kebersihan adalah tanggung jawab semua karyawan, maka keamananpun bukan hanya tanggung jawab departemen security saja tetapi tugas semua karyawan.
Security
- Melakukan pengamanan seluruh
area Hotel dan ikut memantau kamar-kamar tamu, terutama yang dihuni agar
tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan serta memantau keluar masuknya
tamu di kamar hotel dan mengawasi tamu-tamu yang mencurigakan.
- Melakukan “body checking”
karyawan-karyawan pada saat masuk dan keluar dari hotel.
- Menindaklanjuti laporan
barang-barang yang hilang baik dalam kamar maupun di luar kamar di area
hotel.
- Mengamankan setiap laporan
kejahatan yang ada di area hotel.
Housekeeping
- Melaporkan kepada security apabila ada tamu yang mencurigakan.
- Memberitahukan kepada security bila ada tamu VIP yang check in.
- Melaporkan jika ada bawaan barang-barang keluar hotel
(khususnya milik housekeeping) untuk keperluan out side catering, meeting dan lain-lain.
Hubungan Housekeeping Dengan Front Office
Front Office
- Memberikan laporan kamar – kamar yang check out supaya dibersihkan
- Memberikan laporan kamar – kamar yang Expected Arrival
- Memberikan laporan kamar – kamar yang Expected Departure
- Memberikan laporan kamar yang di block untuk tamu VIP
- Memberikan laporan kamar yang pesan Extra Bed
- Memberikan laporan perpindahan kamar
- Memberitahukan Complain dari tamu tentang kondisi kamar
- Menagihkan pembayaran barang yang rusak atau hilang oleh tamu
- Memberikan informasi forecase occupancy
Housekeeping
- Membersihkan kamar – kamar yang check out supaya bisa dijual oleh Front Office
- Mempersiapkan Extra Bed dan mengirimkan bill nyal ke Front Office untuk ditagihkan
- Membuat laporan House keeping Report
- Membuat laporan Room Discrepancy
- Menginformasikan kamar – kamar yang tidak bisa dijual atau OUT OF ORDER
- Menyiapkan kamar – kamar Expected Arrival dan kamar VIP
- Menginformasikan kamar – kamar yang sudah dibersihkan dan siap untuk dijual
- Memberikan laporan tentang barang tamu yang tertinggal di kamar
- Memberitahukan barang yang rusak atau hilang di dalam supaya di tagihkan kepada
tamu
- Melaporkan kepada security apabila ada tamu yang mencurigakan.
- Memberitahukan kepada security bila ada tamu VIP yang check in.
- Melaporkan jika ada bawaan barang-barang keluar hotel
(khususnya milik housekeeping) untuk keperluan out side catering, meeting dan lain-lain.
Hubungan Housekeeping Dengan Front Office
Front Office
- Memberikan laporan kamar – kamar yang check out supaya dibersihkan
- Memberikan laporan kamar – kamar yang Expected Arrival
- Memberikan laporan kamar – kamar yang Expected Departure
- Memberikan laporan kamar yang di block untuk tamu VIP
- Memberikan laporan kamar yang pesan Extra Bed
- Memberikan laporan perpindahan kamar
- Memberitahukan Complain dari tamu tentang kondisi kamar
- Menagihkan pembayaran barang yang rusak atau hilang oleh tamu
- Memberikan informasi forecase occupancy
Housekeeping
- Membersihkan kamar – kamar yang check out supaya bisa dijual oleh Front Office
- Mempersiapkan Extra Bed dan mengirimkan bill nyal ke Front Office untuk ditagihkan
- Membuat laporan House keeping Report
- Membuat laporan Room Discrepancy
- Menginformasikan kamar – kamar yang tidak bisa dijual atau OUT OF ORDER
- Menyiapkan kamar – kamar Expected Arrival dan kamar VIP
- Menginformasikan kamar – kamar yang sudah dibersihkan dan siap untuk dijual
- Memberikan laporan tentang barang tamu yang tertinggal di kamar
- Memberitahukan barang yang rusak atau hilang di dalam supaya di tagihkan kepada
tamu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar