Pengertian Hotel
Pengertian hotel berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no KM 94/HK103/MPPT 1987 adalah sebagai berikut: “Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunannya untuk menyediakan jasa pelayanan, penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial serta memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan didalam keputusan pemerintah
Kata Hotel berasal
dari bahasa Perancis yaitu hostel artinya “tempat penampungan
buat pendatang” atau “bangunan penyedia pondokan dan makanan untuk umum”. Oleh
sebab itu, keberadaan hostel untuk menyediakan kebutuhan masyarakat sebagai
tempat tinggal sementara. Hostel inilah cikal bakal hotel yang ada sekarang
ini.
Hotel merupakan pendukung dari beberapa kegiatan
sektor pariwisata yang menyediakan sarana akomodasi dan tempat pertemuan antara
wisatawan dan pelaku industri.Pengertian hotel berdasarkan Keputusan Menteri Parpostel no KM 94/HK103/MPPT 1987 adalah sebagai berikut: “Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang mempergunakan sebagian atau seluruh bangunannya untuk menyediakan jasa pelayanan, penginapan, makan dan minum serta jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial serta memenuhi ketentuan persyaratan yang ditetapkan didalam keputusan pemerintah
Dari pengertian diatas, maka hotel
juga dapat didefinisikan seperti di bawah ini :
- Salah satu jenis akomodasi yang
mempergunakan sebagian atau keseluruhan bagian untuk jasa pelayanan
penginapan, penyedia makanan dan minuman serta jasa lainnya bagi
masyarakat umum yang dikelola secara komersil (Keputusan Menteri Parpostel
no Km 94/HK103/MPPT 1987)
- Sarana tempat tinggal umum
untuk wisatawan dengan memberikan pelayanan jasa kamar, penyedia makanan
dan minuman serta akomodasi dengan syarat pembayaran (Lawson, 1976:27)
- Bangunan yang dikelola secara
komersil dengan memberikan fasilitas penginapan untuk masyarakat umum dengan
fasilitas sebagai berikut :
- Jasa penginapan
- Pelayanan makanan dan minuman
- Pelayanan barang bawaan
- Pencucian pakaian
- Penggunaan fasilitas perabot dan hiasan-hiasan yang ada di dalamnya.(Endar Sri,1996:8)
Di
Indonesia, hotel selalu dikonotasikan sebagai bangunan untuk penginapan yang
mahal. Secara umum, di Indonesia dikenal hotel berbintang, hotel melati yang
tarifnya cukup terjangkau namun hanya menyediakan tempat menginap dan sarapan
pagi, serta guest house baik yang dikelola sebagai usaha swasta (seperti halnya
hotel melati) ataupun mess yang dikelola oleh perusahaan-perusahaan sebagai
tempat menginap bagi para tamu yang ada kaitannya dengan kegiatan perusahaan.
Menelusuri
kemajuan hotel sekarang ini perkembangannya sangat signifikan, terutama
pertambahan jumlah kamar, model dan arsitektur, lokasi yang menyebar dan
merata, jenis dan karakter semakin beragam membuat pilihan bagi traveller
semakin banyak dan beragam. Hotel mengalami perubahan dan terus akan berubah ke
arah modern. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi terhadap keinginan pelanggan
yang terus meningkat.
Hotel
operasianal memiliki beberapa divisi atau department. Semua departemen tersebut
saling mendukung dan tidak dapat berdiri sendiri dalam operasinya dan mempunyai
tujuan yang sama yaitu Bagaimana membuat tamu merasa puas dan nyaman ketika
mereka menggunakan hotel tersebut. Tiap departemen dipimpin oleh seorang
menejer dan menejer tersebut bertanggung jawab kepada General Manager sebagai
pimpinan tertinggi dalam suatu organisasi hotel.
Departemen-departemen
yang ada di hotel dapat dikelompokkan sebagai berikut:
- Housekeeping.
- Front Office.
- HRD
- Sales and Marketing.
- Engineering.
- Food and Beverage Service.
- Food and Beverage Product.
- Security.
- Accounting.
- Public Relation.
- IT.
Departemen-departemen
diatas di kelompokkan menurut fungsi dan keguanaannya.
Misalnya untuk keperluan accounting, depertemen tersebut dikelompokkan menjadi:
Misalnya untuk keperluan accounting, depertemen tersebut dikelompokkan menjadi:
- Revenue Center adalah depertemen yang memberikan pelayanan, menjual produk-produk hotel untuk menghasilkan pendapatan bagi hotel, misalnya front office dan food and beverage.
- Supporting center yaitu depertemen yang tidak
memberikan pendapatan bagi hotel secara langsung namun sangat berperan
dalam menyediakan dukungan bagi departemen revenue center. Contoh
housekeeping memberikan peran yang sangat besar bagi front office untuk
menjual kamar tamu.
Pengelompokkan
berdasarkan interaksi dengan tamu yaitu :
- Front of the house yaitu area dimana karyawan
dapat berinteraksi langsung dengan tamu hotel, misalnya front office dan
fb service. Kemudian,
- Back of the house yaitu area dimana tamu mempunyai interaksi yang sedikit dengan karyawan atau tidak sama sekali, misalnya HRD, IT, accounting, engineering, housekeeping dan security.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar